Memahami Secara Lengkap Tentang Mubtada dan Khabar
Memahami Secara Lengkap Tentang Mubtada dan Khabar
Mubtada dan khabar merupakan bagian dari isim marfu’.
Keduanya mempunyai ikatan yang sangat erat, yakni tidak bisa dipisahkan.
Bagaimana tidak? Sebuah kalimat tidak berfaidah jika
hanya terdapat salah satu diantara keduanya. Walaupun terkadang mubtada
berpoligami, yakni mempunyai beberapa khabar.
Apa itu mubtada dan khabar? Berikut penjelasannya.
Pengertian Mubtada dan Pembagiannya
Mubtada adalah isim marfu’ yang bebas dari amil lafzhiyah
(terlihat), dalam artian ia dirafa’kan dengan amil yang bersifat ma’nawi yaitu
ibtida.
Mubtada terbagi 2 bentuk kata, yaitu:
1. Zhahir
2. Mudhmar/dhamir
Zhahir terbagi 2, yaitu:
1. Mubtada yang
mempunyai khabar
2. Mubtada yang
hanya mempunyai isim marfu’ yang berposisi pada tempat khabar.
Maksud isim marfu’ yang berposisi pada tempat khabar
adalah kata yang berbetuk fa’il atau naib fa’il dari mubtada tersebut, sehingga
dengan keberadaan fa’il atau naib fail itu menjadikan mubtada tidak membutuhkan
khabar.
Kemudian mubtada tersebut berbentuk isim fa’il atau isim
maf’ul yang didahului oleh nafi atau istifham.
Contoh zhahir
· Mubtada yang mempunyai khabar: اللّه رَبُّنَا - مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّه
· Mubtada yang hanya mempunyai isim marfu’ yang
berposisi pada tempat khabar: أَقَائِمٌ زَيْدٌ – مَا قَائِمٌ زَيْدٌ
Ketentuan Mubtada
· Tidak boleh berbentuk nakirah kecuali terdapat
sesuatu yang membolehkan (musawwigh)
· Terkadang mubtada berupa masdar yang
ditakwilkan dari kata an (أن)
serta fi’il.
Jumlah sesuatu yang membolehkan mubtada dalam bentuk
nakirah itu banyak, di antaranya:
1. Didahului nafi
atau istifham
2. Menjadi maushuf
bagi kata setelahnya
3. Menjadi mudhaf
bagi kata setelahnya
4. Didahului
khabar dalam bentuk zharaf dan jar majrur
Pengertian Khabar dan Pembagiannya
Khabar adalah bagian yang melengkapi faidah kalam beserta
mubtada (menyempurnakan mubtada).
Khabar terbagi 2, yaitu:
1. Mufrad
2. Ghair mufrad
Mufrad
Khabar yang berupa mufrad adalah khabar yang bukan
kalimat jumlah dan bukan pula serupa jumlah.
Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kalimat jumlah
adalah kalimat yang terdiri dari mubtada dan khabar atau fi’il dan fa’il.
Sedangkan yang menyerupai kalimat jumlah adalah zharaf
atau jar majrur.
Dari uraian ini dapat kita pahami bahwa tasniyah dan
jamak digolongkan kepada mufrad pada bab ini (mubtada dan khabar) karena lawan
dari mufrad di sini ialah jumlah.
Contohnya khabar mufrad sebagai berikut:
· زَيْدٌ قَائِمٌ
· الزَّيْدَانِ قَائِمَانِ
· الزَّيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ
· زَيْدٌ أَخُوْكَ
Ghair Mufrad
Khabar yang berupa ghair mufrad adalah
kalimat jumlah yang terdiri dari mubtada dan khabar atau fi’il dan fa’il atau
yang menyerupai jumlah.
Contohnya khabar Ghair Mufrad sebagai
berikut:
· زَيْدٌ جَارِيَتُهُ ذَاهِبَةٌ
· زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ
· زَيْدٌ عِنْدَكَ
· زَيْدٌ فِى الَّدَارِ
Ketentuan Khabar
· Zharaf zaman tidak boleh menjadi khabar bagi
dzat.
· Boleh berbilang khabar
· Terkadang khabar mandahului mubtada,
adakalanya jawaz (boleh-boleh saja) dan adakalnya wajib.
Hukum Membuang Mubtada dan Khabar
Terkadang mubtada dan khabar dibuang keduanya, adakalanya
jawaz (boleh-boleh saja) dan adakalnya wajib.
Khabar wajib dibuang pada 4 keadaan, yaitu:
1. Sesudah kata لَوْلَا
2. Sesudah qasam
(sumpah) yang sharih (jelas)
3. Sesudah waw ma’iyah
4. Sebelum hal
yang tidak bisa menjadi khabar
Berikut contohnya:
· Sesudah kata لَوْلَا : لَوْلَا أَنْتُمْ لَكُنَّ مُؤْمِنِيْنَ
Bentuk lengkapnya adalah لَوْلَا أَنْتُمْ مَوْجُوْدٌ لَكُنَّ
مُؤْمِنِيْنَ
· Sesudah qasam (sumpah) yang sharih
(jelas) : لَعُمْرُكَ إِنَّهُمْ
Bentuk lengkapnya adalah لَعُمْرُكَ قَسَمِيْ إِنَّهُمْ
· Sesudah waw ma’iyah : كُلُّ صَانِعٍ وَمَاصَنَعَ
Bentuk lengkapnya adalah كُلُّ صَانِعٍ وَمَاصَنَعَ مَقْرُوْنَانِ
· Sebelum hal yang tidak bisa menjadi khabar : ضَرْبِيْ زَيْدًا قَائِمًا
Bentuk lengkapnya adalah ضَرْبِيْ زَيْدًا إِذَا كَانَ قَائِمًا
Posting Komentar