Biografi Singkat Abon Abdul Aziz Samalanga

Daftar Isi

Biografi Singkat Abon Abdul Aziz Samalanga

Seorang ulama Aceh yang telah mendedikasikan hidupnya untuk pengembangan ilmu agama. Melalui bimbingannya, lahir para ulama yang mampu mendirikan berbagai lembaga pendidikan, dayah dan balai pengajian, serta meluluskan generasi yang siap mengabdikan diri di kalangan Masyarakat.

Beliau adalah Abon Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh atau yang lebih dikenal Abon Samalanga, pimpinan dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Birueun.

Nama Lengkap dan Kelahiran

Abon Samalanga lahir di Desa Kandang Samalanga Bireun, Aceh pada tahun 1930 M. bernama lengkap Abdul Aziz bin Tgk. Muhammad Shaleh bin Tgk. Abdullah. Ibunya bernama Hj. Halimah binti makam bin keuchik lamblang.

Orang Tua

Ayah Abon Samalanga merupakan seorang pendiri dayah Darul Atiq Jeunieb, beliau murid kesayangan Abi Hanafiah bin Abbas (pimpinan dayah MUDI Mesjid Raya) saat belajar di dayah Mesjid Raya Samalanga.

Beliau juga pernah diamanahkan untuk memimpin dayah MUDI ketika Abi Hanafiah berangkat ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji serta menuntut ilmu dan mengambil ijazah thariqah dari ulama yang berada di sana.

Ibu Abon Samalanga juga merupakan salah seorang guru yang ikut mambantu mengajarkan santri di dayah Darul Atiq Jeunieb.

Pendidikan

Abon Samalanga menjalankan pendidikan dasar ilmu agama di lingkungan keluarga, Sebagaimana lazimnya anak-anak Aceh pada masa itu. Sudah menjadi tradisi yang mengakar dalam masyarakat bahwa pendidikan pertama anak adalah tanggung jawab orang tua. Terlebih lagi beliau dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan dayah (pondok pesantren).

Abon Samalanga mengawali pendidikan formalnya dari Sekolah Rakyat (SR) pada tahun 1937 M hingga tamat pada tahun 1944 M dan belajar pada orang tuanya selama dua tahun dan pada tahun 1946 M.

Kemudian beliau melanjutkan pendidikan agamanya ke dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga di bawah pimpinan Abi Hanafiah lebih kurang dua tahun.

Pada tahun 1948 M beliau melanjutkan pendidikannya ke salah satu dayah di Matangkuli, Aceh Utara lebih kurang satu tahun. Kemudian kembali lagi ke Samalanga untuk belajar kepada Tgk. Majid Naro dan Tgk. Peusangan.

Merasa tidak puas dengan ilmu yang sudah dimiliki dan ditambah dengan semangat tafaqquh yang tinggi, pada tahun 1951 M Abon Samalanga melanjutkan pendidikannya ke dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan yang dipimpin oleh Abuya Muhammad Wali al-Khalidi atau lebih dikenal dengan panggilan Abuya Muda Wali.

Pada saat itu, masyhur dikalangan masyarakat Aceh bahwa ada seorang ulama muda yang sangat alim di Aceh Selatan, hal ini membuat banyak pelajar Aceh dan daerah lain ingin melanjutkan pendidikannya ke dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Kemampuan Abon Samalanga hampir meratai dalam berbagai disiplin ilmu. Namun di antara berbagai disiplin ilmu yang telah dipelajari, beliau memiliki spesialisasi khusus dalam ilmu mantiq.

Keahlian Abon Samalanga yang sangat menonjol dalam ilmu mantik, membuat beliau digelar al-Manthiqi atau pakar ilmu mantik. Dengan pengetahuan yang mumpuni dalam ilmu mantiq membuat analisa Abon sangat tajam dan argumentasi yang beliau sampaikan sulit untuk terbantahkan.

Sanad Keilmuan

Adapun sanad keilmuan Abon Samalanga melalui guru beliau Abuya Muhammad Wali al-Khalidi dapat diurutkan sebagai berikut:

Nabi Muhammad SAW

Imam Abdullah bin Umar bin Khaththab ra.

Imam Nafi’ Maula Ibnu Umar

Imam Dar al-Hijrah Abu Abdillah Malik bin Anas

Imam Abu Abdillah Muhammad bin Idris al-Syafi’i

Imam al-Kabir Abu Ibrahim Isma’il bin Yahya al-Muzanni

Imam Abu al-Qasim Utsman bin Sa’id al-Anmathi

Imam Abu al-Abbas Ahmad bin Umar bin Suraij

Imam Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad al-Marwadzi

Imam Abu Zaid Muhammad bin Ahmad al-Marwadzi

Imam Abu Bakar Abdullah bin Ahmad bin al-Qaffal Marwadzi al-Shaghir

Imam Abi Muhammad Abdullah bin Yusuf al-Juwaini

Imam Haramain Abu al-Ma’ali Abd al-Malik

Imam Hujjah al-Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali

Imam Abu Abdillah Muhammad bin Yahya al-Naisaburi

Imam Abu Bakar Muhammad bin Fadhal

Imam Abu al-Qasim Abd al-Karim bin Muhammad al-Rafi’i

Imam Najmu al-Din Abd al-Ghaffar bin Abd al-Karim al-Quzwaini, 

Pengarang kitab al-Hawi Shaghir

Imam Muhammad bin Muhammad, 

Pengarang al-Syamil Shaghir

Imam Jamal al-Din Abu al-Hasan Sallar bin Hasan al-Irbili

Imam Muhyi al-Din Yahya bin Syaraf al-Nawawi

Imam Abu al-Hasan Ali bin Ibrahim al-Athar al-Dimisyqi

Al-Hafizh Zain al-Din Abu al-Fadhal Abd al-Rahmin bin Husain al-Iraqi

Al-hafizh Syihab al-Din Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Hajar al-Asqalani

Syaikh al-Islam Zakariya bin Muhammad al-Anshari

Imam Syihab al-Din Ahmad bin Muhammad bin Hajar al-Makki, 

Pengarang Tuhfah al-Muhtaj

Imam Nur al-Din Ali bin Yahya al-Ziyadi

Imam Nur al-Din Abi Dhiya Ali bin Ali al-Syabramallisi, 

Pengarang Hasyiah Nihayah al-Muhtaj

Imam Syihab al-Din Ahmad bin Muhammad bin Athiyyah al-Khulaifi

Imam Syamsu al-Din Muhammad bin Salim al-Hafni

Syeikh Abdullah al-Syarqawi, 

Pengarang kitab Hasyiah al-Syarqawi ala al-Tahrir

Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan

Sayyid al-Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha al-Makki, 

Pengarang kitab I’anah al-Thalibin

Syeik Ali bin Husain al-Maliki

Syeikh Muhammad Wali al-Khalidi

Abon Samalanga

Guru Para Ulama Aceh

Ketekunan Abon Samalanga dalam mengajar membuahkan hasil yang luar biasa, murid-murid beliau sangat banyak menjadi ulama. Bahkan di antara seluruh murid Abuya Muda Wali al-Khalidi, dari sosok beliau lah yang paling banyak melahirkan kader ulama untuk masa kedepannya.

Sebahagian besar ulama-ulama Aceh generasi setelah murid Abuya Muda Wali merupakan murid-murid Abon. Beliau memang tidak meninggalkan karya tulis, namun beliau meninggalkan karya berupa para ulama yang terus melahirkan ulama-ulama untuk generasi selanjutnya.

Spirit Beut Seumeubeut

Di antara pesan Abon Samalanga yang sering beliau amanatkan kepada para muridnya adalah Beut Seumeubeut (belajar mengajar). Pesan ini sering beliau sampaikan, sehingga sangat melekat bagi para muridnya. 

Beliau mengatakan:

“Ureung droeneuh wajeb neuseumeubeut. Meunyoe na neuseumeubeut na lon sajan. Meunyoe hana neuseumeubeut na lon sajan. Walau Cuma aleh ba.”

(Kalian semua wajib mengajar. Kalau kalian mengajar, saya ada bersama kalian. Tapi kalau kalian tidak mengajar, saja tidak ada bersama kalian. Walaupun hanya mengajar alif-ba).

Wafat

Abon Samalanga wafat pada tanggal 9 Jumadil Akhir 1409 H bertepatan dengan 17 Januari 1989 M. Abon Samalanga ditajhizkan di kediaman Abu Keumala, Medan.

Setelah dijalankan tajhiz, jenazah beliau dibawa pulang ke Samalanga untuk di kebumikan. Abon dimakamkan di belakang Mesjid Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, satu komplek pemakaman Abi Hanafiah yang tak lain adalah mertua beliau dan juga pimpinan dayah MUDI Mesjid Raya sebelumnya.

Pasca Wafat

Kepergian Abon meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh murid, alumni dan masyarakat Aceh pada umumnya. Dedikasinya dalam mengajar para santri dengan penuh ikhlas membuat sosoknya begitu sulit dilupakan.

Keteladanan yang luar biasa dari Almarhum membuat namanya harum sehingga selalu diceritakan oleh murid-muridnya. Meski jasadnya telah dikebumikan, nama dan ilmunya tetap hidup selama ilmu yang pernah disampaikan terus dikembangkan oleh murid-muridnya hingga akhir zaman.

 

Wallahu A’lam bi al-Shawab…

Semoga bermanfaat…

 

*Dilansir dari Buku: Biografi Abon Abdul Aziz Guru Para Ulama Aceh

Posting Komentar