Kitab Alfiyah pdf

Daftar Isi

Kitab Alfiyah pdf

Sahabat santri sekalian…

Sebagai seorang santri, tentu tak asing lagi dengan kitab al-Fiyah Ibnu Malik. Kitab dengan redaksi yang berbentuk nazham, tidak hanya dipelajari dan dikaji di Pesantren/Dayah saja, tetapi juga diperlombakan di berbagai musabaqah.

Berikut kami sajikan sedikit narasi, dan juga tak lupa pula kami sediakan kitabnya dalam bentuk format pdf. Silahkan teman-teman download nantinya.

Kitab Nazham 1000 Bait

Al-Fiyah Ibn Malik adalah salah satu karya dari Syeikh Muhammad bin Abdullah bin Malik al-Andalusi. Kitab ini ditulis dalam bentuk nazham berjumlah 1000 bait, yang ringkas redaksinya, namun memiliki substansi yang mendalam.

Maka sangat wajar kitab ini banyak diminati oleh para ulama dalam menanamkan modal dan rujukan bagi para muridnya untuk mempelajari ilmu Nahwu.

Kitab Kurikulum

Mayoritas Pesantren/Dayah di Nusantara, menjadikan kitab ini sebagai salah satu kitab kurikulum dalam mempelajari ilmu Nahwu. Tidak hanya di Nusantara, tetapi juga di berbagai belahan dunia juga mempelajari kitab ini.

Kitab Nahwu Sharaf

Al-Fiyah Ibn Malik adalah salah satu literatur Islam yang membahas ilmu Nahwu. Tidak hanya ilmu Nahwu, kitab al-Fiyah Ibn Malik juga menjelaskan tentang kaidah-kaidah dalam ilmu Sharaf.

Keberkahan

Kitab al-Fiyah Ibn Malik sangat dapat dirasakan keberkahannya, di mana hingga saat ini para pelajar masih menjadikan kitab ini sebagai rujukan dalam mempelajari ilmu Nahwu.

Para ulama juga tidak sedikit menulis syarah dari setiap bait yang tercantum di dalam kitab ini. Bila ditelusuri, kita akan menemukan begitu banyak literatur yang merupakan syarah dari kitab ini.

Hal ini berlaku hingga sekarang. Banyak para ulama  yang memberikan penjelasan dari kitab ini dalam bentuk tahqiq, ta’liq, dan juga uraian dengan berbagai bahasa.

Daftar Isi

Salah satu metode untuk mengetahui kandungan dari sebuah kitab ataupun buku adalah dengan membaca daftar isi dari kitab tersebut.

Karena itu, di sini penulis akan sajikan daftar isi secara global dari kitab al-Fiyah Ibn Malik, agar teman-teman mengetahui sedikit dari kandungannya.

Perhatikan tabel berikut.

Daftar Isi

مقدمة

الكلام ومايتألف منه

المعرب والمبني

النكرة والمعرفة

العلم

إسم الإشارة

الموصول

المعرف بأداة التعريف

الإبتداء

كان وأخواتها

فصل فى ما ولا ولات وإن المشبهة بليس

أفعال المقاربة

إنّ وأخواتها

لا التي لنفي الجنس

ظنّ وأخواتها

أعلم وأرى

الفاعل

النائب عن الفاعل

إشتغال العامل عن المعمول

تعدي الفعل ولزومه

التنازع فى العمل

المفعول المطلق

المفعول له

المفعول فيه

المفعول معه

الإستثناء

الحال

التمييز

حروف الجر

الإضافة

المضاف إلى ياء المتكلم

إعمال المصدر

إعمال اسم الفاعل

أبنية المصدر

أبنية أسماء الفاعلين والمفعولين والصفات المشبهة بها

الصفة المشبهة باسم الفاعل

التعجب

نعم وبئس وماجرى مجراهما

أفعال التفضيل

النعت

التوكيد

العطف

عطف النسق

البدل

النداء

المنادى المضاف إلى ياء المتكلم

أسماء لازمت النداء

الإستغاثة

الندبة

الترخيم

الإختصاص

التحذير والإغراء

أسماء الأفعال والأصوات

نونا التوكيد

مالاينصرف

إعراب الفعل

عوامل الجزم

فصل : لو

أمّا ولولا ولوما

الإخبار بالذي والألف واللام

العدد

كم وكأيّن وكذا

الحكاية

التأنيث

المقصور والممدود

كيفية تثنية المقصور والممدود وجمعهما تصحيحا

جمع التكثير

التصغير

النسب

الوقف

الإمالة

التصريف

فصل فى زيادة همزة الوصل

الإبدال

الإدغام

Download pdf

Untuk mengenal lebih jauh kitab al-Fiyah Ibn Malik, di sini kami sajikan dalam format pdf. Silahkan teman-teman download dengan mengklik button di bawah ini, supaya lebih mudah mengakses untuk dibaca dan dikaji.  

Posting Komentar